Tuesday, January 8, 2013

Belajar sambil Nonton dan Berpetualang Imajinasi

Assalamu'alaikum...

Semangat Sore sahabat semua!

Seharian disibukkan dengan segala aktifitas rutin kita, namun ada kalanya kita harus mengistirahatkan sejenak agar tetap segar secara fisik, psikis dan semangat ^__^

Hari ini adalah hari efektif pertama di semester genap, setelah libur panjang yang diisi dengan aktifitas selain sekolah bagi anak didik saya. Sekaligus hari pertama juga bagi siswa/i asuh saya belajar di kelas baru.

Lho, kok bisa kelas baru? kan belum kenaikan kelas?? Ya memang bukan kenaikan kelas, atau kelas baru apalagi ruang gedung baru. Namun suasana baru dan teman-teman kelas baru. Karena banyaknya siswa/i yang sudah menjalani Praktik Kerja Industri (Prakerin), sehingga lebih efektif menggabungkannya dengan kelas sebelah.

Harapannya, dengan suasana baru, semangat juga baru, semester baru, dan semua baru (asal jangan Warga Negara baru, hehe). Rencana jangka panjang untuk menjadikan pilot project pendidikan ideal, masih penuh sesak di kepala, sedangkan pipa saluran menuangkan gagasan ini menjadi sebuah kenyataan sangat terbatas dan perlahan.

Namun, itu semua tak menyurutkan semangat dan langkah untuk terus mengabdi dan mengapresiasi perkembangan sekecil apapun dari anak didik saya. Mulai dari yang rajin belajar (karena ingin segera Prakerin), juga ada yang rajin berdiskusi dengan guru pendidik (karena ingin segera menuntaskan Remidi), bahkan sampai yang rajin mengamati Youtube (karena tertarik dengan materi baru di pelajaran Produktif Multimedia).

Memang LUAR BIASA semangat anak-anak didik saya ini, walau terkadang masih disibukkan dengan pikiran anak remaja saat kini (alias Galau) dan kejenuhan karena liburan tidak kemana-kemana, sampai masalah keluarga ataupun sekitarnya . Namun mereka tetap semangat hadir ke sekolah.

Oke, sepertinya kita sudah terlalu jauh terbawa euforia awal semester yang ceria ini. Mari kembali menginjakkan kaki ke bumi (bukan ke bulan lho yaa), untuk menjalani lagi kehidupan nyata yang semu ini.

Semester ini sudah masuk pada materi stop motion. Dan saya ikut nimbrung dalam sesi kelas gabungan yang sedang mendapat materi Produktif Multimedia dan dipandu langsung oleh Kaprodi-nya. Sehingga saya hanya mengamati suasana kelas yang terkadang bingung, kadang serius memperhatikan dan terkadang terheran-heran.

Benar adanya, karena materi ajar kali ini akan lebih banyak lagi melibatkan perhatian, emosi, hobby, dan rasa penasaran dari peserta didik. Ditambah lagi dengan adanya pemutaran langsung video karya stop motion yang ada di Youtube, dibumbui dengan peragaan atau simulasi sederhana dari pak kaprodi, demi pemahaman yang baik (bukan sekedar hafalan). Agar nantinya mereka bisa menghasilkan karya dengan sepenuh hati dan bangga atas karyanya (bukan copy paste).

Dalam pengamatan saya tersebut, pikiran saya yang lain melayang pada nilai Raport anak-anak didik saya yang belum optimal, ditambah dengan keprihatinan saya terhadap kurangnya apresiasi terhadap Sejarah dan pelajaran dari masa lalu. Tiba-tiba saya teringat dengan suatu suasana yang tak terlupakan bagi saya.

Yakni, suasana belajar dalam Pendidikan Karakter Bangsa dan Negara (PKBN) bagi Guru/Pembina OSIS. Dimana salah satu sesinya adalah kelas diskusi tentang masalah-masalah terkini. Dan tak lupa selalu diawali dengan paparan fakta dan data terkait masalah yang akan dibahas.

Disalah satu sesinya, saya tecengang, terhanyut dan termenung pada satu media, dimana saat itu sedang tersorot cahaya LCD proyektor dan menampilkan tentang Sejarah Indonesia. Uniknya, Sejarah Indonesia kali ini tidak disajikan dalam bentuk narasi deskripsi berparagraf-paragraf yang mungkin bisa membuat jenuh peserta didik masa kini yang sudah terbiasa dengan Game atau Film (baca : sajian multimedia, red).

Slide saat itu dikombinasi dengan putaran video yang berupa stop motion, yang dirajut dalam bentuk animasi dan beruntun, dan tak lupa kombinasi warna dasar namun sesuai, juga menjadikan pelengkap dalam video tersebut. Yang langsung menjadi fokus saya saat menyimak video tersebut adalah "Karya siapa yaa?", alhamdulillah terjawab dengan adanya caption creatornya dalam video tersebut.

Pemikiran saya kembali setelah salah satu siswa saya memanggil saya dan bertanya. Namun seketika itu saya bertekad untuk mencari source video sejarah Indonesia yang unik tersebut. Sambil mendengarkan dan bercakap tentang pertanyaan siswa saya.

Seusai jam sekolah, dan menanti anak-anak didik saya bermain sepak bola sejak ba'da Ashar ini, saya cari-cari dengan kata kunci yang saya ingat saat itu adalah kata 'Edu' dan 'Animasi'. Hingga sepenuhnya ingatan saya pulih dan ketemu video yang saya cari adalah produk dari EduAnimate dan berikut saya sertakan capture yang masih melekat diingatan saya seusai PKBN tersebut.

Syukur alhamdulillah, ternyata pengasingan saya di PKBN selama 5 hari (efektifnya 7 hari) berbuah manfaat, semoga EduAnimate terus berkembang, dan disertai semangat anak bangsa yang lain untuk turut serta BANGGA terhadap Indonesia sehingga menjadikan mereka tulus ikhlas membangun negeri dengan bijak sebagai Generasi Penerus Bangsa. Mau Liat Videonya??




2 comments:

  1. bagus bgt videonya..
    pak bisa ga buat paparan tentang PKBN ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komentarnya, saya juga terpikat saat awal kali melihat karya tersebut,

      tentang paparan PKBN, insyaAllah tapi tidak bisa cepat, menyesuaikan dengan sela-sela mood mengetik saya hadir :) mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ada :)

      Delete